3 Elemen Utama ISO 27001

3 aspek keamanan informasi

3 Elemen Utama ISO 27001

Apa itu Keamanan Informasi?

Keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Namun, masalah ini sering kali terabaikan oleh pemilik maupun pengelola sistem informasi.  Kenapa Keamanan Informasi penting?

Kemudahan akses yang kita rasakan saat ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang pesat. Namun, kemudahan ini tentunya diiringi oleh risiko ancaman keamanan informasi. Karena keberadaan pihak tertentu dengan integritas buruk dan tidak bertanggung jawab. Pihak tersebut tidak ragu untuk melakukan tindakan illegal agar mendapatkan informasi yang diinginkannya. Akibatnya baik individu, organisasi, maupun negara menjadi sangat rentan terhadap serangan sistem informasi seperti hacking, cybercrime, skimming dan lainnya. Jika informasi berhasil dicuri dan disalahgunakan, maka tentu saja akan berdampak buruk seperti kerugian, kekacauan, dan jika informasi tersebut adalah kategori informasi bersifat sangat rahasia tentu risikonya sangat tinggi.

Keamanan informasi adalah aspek krusial yang harus diprioritaskan oleh perusahaan. Hal ini karena jika informasi penting yang bersifat rahasia dapat diakses oleh orang yang tidak berhak dan tidak bertanggung jawab dapat merusak tingkat reliabilitas (kepercayaan) sebuah informasi. Dimana tentu saja akan menimbulkan keraguan terhadap tingkat akurasi informasi, bahkan bisa menjadi informasi menyesatkan.

Keamanan informasi merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga informasi dari ancaman yang mungkin terjadi. Selain itu juga untuk memastikan atau menjamin kelangsungan bisnis, meminimalisir risiko bisnis, dan memaksimalkan peluang bisnis. Dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) perusahaan dapat menunjukkan bahwa ia telah menggunakan metode yang sistematis dalam mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko keamanan informasinya.

Baca juga: SISTEM MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI ISO 27000 SERIES

 

3 Aspek Keamanan Informasi ISO 27001

Keamanan informasi yang baik dapat dicapai melalui penerapan sejumlah upaya teknis (operasional) yang didukung oleh kebijakan dan prosedur manajemen yang sesuai. Salah satunya melalui Sistem manajemen keamanan informasi (SMKI) atau Information Security Management System (ISMS) berbasis ISO 27001.

Penerapan ISO 27001 di perusahaan dilakukan untuk mengamankan aset informasi dari risiko ancaman yang mungkin terjadi. ISO 27001:2022 adalah framework Sistem manajemen keamanan informasi dengan kerangka kerja yang paling sesuai untuk mengantisipasi dan mengatasi ancaman keamanan informasi saat ini. Standar ini membantu perusahaan melindungi data dan informasinya tetap tetap aman dan dikelola dengan baik. Tujuan ISMS adalah membantu proses identifikasi serta meminimalkan risiko keamanan informasi pada batas atau tingkat yang bisa ditoleransi.

ISO 27001 memiliki 3 aspek keamanan informasi yang saling terkait untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi yang terdiri dari:

      1. Menjaga Kerahasiaan (Confidentiality), untuk melindungi data dan informasi perusahaan dari akses illegal orang yang tidak bertanggungjawab.
      2. Memastikan ketersediaan (Availability), bahwa informasi yang dimiliki benar-benar asli, dengan orang yang dapat mengakses atau memberikan informasi adalah orang yang yang memiliki kewenangan di dalamnya.
      3. Menjaga integritas (Integrity) agar informasi tidak bisa diubah tanpa seizin pemilik informasi. Sistem informasi harus menyediakan representasi yang akurat dari sistem fisik yang direpresentasikan.

Dengan pengelolaan keamanan informasi yang baik, organisasi dapat mengidentifikasi dan membuat perencanaan pencegahan (mitigasi) terhadap berbagai risiko yang muncul akibat penggunaan informasi. Sehingga perusahaan dapat menghindari atau mengurangi risiko yang akan menimbulkan kerugian.

Baca juga: BERAPA BIAYA SERTIFIKASI ISO 27001?

Jangan ragu untuk bertanya dengan kami

Kama Konsultan akan memberikan konsultasi dan pendampingan sesuai dengan ruang lingkup, serta standar apa yang akan Anda capai.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi
;