Konsultasi ISO 31000:2018

Standar Sistem Manajemen Resiko

Apa itu ISO 31000?

ISO 31000:2018 adalah standar internasional untuk manajemen risiko. Dengan memberikan prinsip dan pedoman yang komprehensif, standar ISO 31000:2018 membantu organisasi dengan analisis risiko dan penilaian risiko. ISO 31000:2018 dapat diimplementasikan baik di Perusahaan Jasa, Pabrik dan organisasi lainnya. Dengan menerapkan prinsip dan pedoman ISO 31000:2018, Perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, tata kelola dan kepercayaan pihak berkepentingan dan meminimalkan kerugian. Standar ISO 31000:2018 ini juga membantu Perusahaan membangun landasan yang kuat untuk pengambilan keputusan dan mendorong manajemen proaktif di semua bidang.

konsultasi iso 31000

Apa sih fungsi ISO 31000?

Fungsi standar tentang penerapan manajemen resiko atau ISO 31000:2018 adalah untuk dapat diterapkan dan disesuaikan untuk setiap perusahaan publik, swasta atau komunitas, asosiasi, kelompok atau individu.

Apa saja manfaat ISO 31000?

  • Membangun kepercayaan pengelolaan risiko bisnis dari pemegang saham dan pihak berkepentingan lainnya
  • Meminimalkan kerugian dengan analisa risiko yang terencana dan terkendali
  • Meningkatkan efisiensi dan pengendalian operasional bisnis
  • Meningkatkan kinerja dan sistem manajemen.

Alur Konsultasi Iso 31000

alur konsultasi 13485, konsultan iso 13485, sertifikasi iso 13485, manajemen peralatan medis, biaya konsultasi iso 13485

Prinsip ISO 31000

Ada beberapa Prinsip ISO 31000 yang berguna untuk Perusahaan dan organisasi, di antaranya adalah:

Terintegrasi

Manajemen risiko merupakan bagian keseluruhan dari semua kegiatan organisasi. Hal ini sangat masuk akal untuk dijadikan sebuah persyaratan agar dapat mendukung pencapaian tujuan, peningkatan kinerja, dan mendorong inovasi.

Terstruktur dan Komprehensif

Terstruktur dan komprehensif yang dimaksud dalam manajemen risiko, berkontribusi pada hasil yang konsisten dan dapat dibandingkan. Prinsip ini tidak terbatas pada risiko dalam organisasi saja, tetapi juga termasuk pada risiko yang dibawa organisasi tersebut yang berhubungan dengan organisasi kita.

Dinamis

Risiko yang muncul dapat berubah, dan menghilang mengikuti konteks eksternal dan internal organisasi yang berubah. Manajemen risiko mengantisipasi, mendeteksi, mengakui dan merespons perubahan dan peristiwa tersebut secara tepat dan waktu yang tepat.

Faktor Manusia dan Budaya

Perilaku dan budaya manusia sangat mempengaruhi di setiap tingkatan manajemen risiko. Baik manusia dan budaya keduanya merupakan faktor yang saling berkaitan dan sama-sama penting. Budaya organisasi atau risk culture menjadi penting karena akan berhubungan dengan pelaksanaan tugas organisasi sehari-hari. Tentunya peran pimpinan disini sangat penting juga karena harus memberi contoh dan juga memotivasi seluruh komponen yang ada dalam organisasi.

Peningkatan Berkelanjutan

Prinsip ini meningkatkan efektifitas kerja dari manajemen risiko. Perbaikan yang dilakukan secara berkelanjutan ini menjadi siklus berkesinambungan dengan menggunakan metode Plan Do Check Action.

Kenapa Perlu ISO 31000?

penanganan resiko terstruktur

ISO 31000 dapat membantu organisasi meningkatkan kemungkinan mencapai tujuan, meningkatkan identifikasi peluang dan ancaman, serta secara efektif mengalokasikan dan menggunakan sumber daya untuk penanganan resiko. Standar ISO 31000 dapat digunakan oleh organisasi apa pun terlepas dari ukuran, aktivitas, atau sektornya.

peningkatan organisasi atau perusahaan

Bagian dari tata kelola dan kepemimpinan, dan merupakan dasar bagaimana organisasi dikelola di semua tingkatan. Ini berkontribusi pada peningkatan sistem manajemen.

persyaratan pelanggan dan pemangku kepentingan

Dari semua kegiatan yang terkait dengan suatu organisasi dan termasuk interaksi dengan para pemangku kepentingan dan juga persyaratan pelanggan.

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

Jasa Konsultasi ISO Yang Lain

Kami memiliki pengalaman dan telah diakui diberbagai perusahaan dalam bidang konsultasi ISO
konsultan iso 14001

ISO 14001 - Sistem Manajemen Lingkungan

ISO 14001 adalah standar yang diakui secara internasional untuk mengelola dampak lingkungan pada bisnis.

konsultasi iso 45001

ISO 45001 - Sistem Manajemen K3(Internasional)

ISO 45001 adalah standar sistem manajemen K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) untuk mengelola Perusahaan yang bertujuan meningkatkan dan mengembangkan

konsultasi iso 9001

ISO 9001 - Sistem Manajemen Mutu

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu.

konsultasi akreditasi iso 17025

ISO 17025 - Sistem Manajemen Uji dan Kalibrasi Laboratorium

ISO/IEC 17025 adalah standar akreditasi yang sudah diakui internasional dan mendapatkan pengakuan secara formal

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi
;