Apa Saja Tindakan Pengendalian Keamanan Informasi Perusahaan?

pengendalian keamanan informasi

Apa Saja Tindakan Pengendalian Keamanan Informasi Perusahaan?

Beberapa perusahaan Infrastruktur Teknologi Informasi (ITI) saat ini sudah memiliki prosesor komputer yang tinggi dengan memiliki banyak ruang penyimpanan dan kecepatan yang baik. Perkembangan IT sudah membuat pergeseran fokus konsentrasi menjadi distribusi komputasi, desentralisasi, dan jaringan dalam perusahaan. Perkembangan yang semakin kompleks membawa banyak permasalahan pada keamanan jaringan perusahaan. Pengendalian keamanan informasi perusahaan mampu meminimalisir efek masalah infrastruktur keamanan perusahaan. 

Yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengimplementasikan pengendalian untuk keamanan informasi adalah dengan melakukan identifikasi risiko keamanan data. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan audit keamanan dan mengevaluasi sistem informasi yang digunakan dalam bisnis anda. 

Tindakan Pengendalian Keamanan Informasi Perusahaan 

Keamanan informasi adalah salah satu aspek krusial yang dibutuhkan perusahaan di tengah perkembangan teknologi informasi. Ketika perusahaan telah mengimplementasikan sistem keamanan informasi, maka diperlukan pengendalian yang tepat untuk memastikan pengelolaan telah dilakukan dengan benar. Berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan dalam rangka pengendalian keamanan informasi perusahaan.

  • Melakukan pendekatan keseluruhan untuk keamanan
    Keamanan perusahaan yang sukses memerlukan perencanaan dan strategi yang baik dengan pendekatan keseluruhan yang mempertimbangkan semua yang ada dalam organisasi mulai dari proses bisnis dengan orang-orang secara berkelanjutan.

  • Manajemen risiko secara berkelanjutan
    Manajemen risiko adalah proses identifikasi risiko, penilaian risiko dan mengambil langkah untuk mengurangi ke tingkat yang bisa diterima. Hal ini melibatkan identifikasi aset dalam perusahaan yang dibutuhkan untuk mengamankan sistem informasi.

  • Mengembangkan program atau kebijakan keamanan perusahaan
    Perusahaan harus mengembangkan program keamanan yang menguraikan tugas pokok, kebijakan, fungsi, prosedur, standar dan pedoman untuk keamanan perusahaan.

  • Memperhatikan keamanan lingkungan
    Keamanan lingkungan sekitar perusahaan perlu diperhatikan dalam perlindungan aset informasi dan infrastruktur sistem informasi keamanan perusahaan. 

  • Manajemen jaringan perusahaan
    Sangat penting untuk melakukan manajemen pada bagian-bagian dalam jaringan perusahaan.

  • Memiliki manajemen identitas dan sistem hak
    Manajemen identitas sangat penting untuk menghindari pelanggaran hak identitas pengguna. Membuat prosedur tetap, pedoman dan sistem untuk manajemen identitas yang melibatkan pendaftaran pengguna, perubahan hak pengguna dan reset user password yang hilang.

  • Standar praktik industri terbaik
    Selain kebutuhan untuk mengelola TI, kebutuhan perusahaan lainnya adalah membangun dan menerapkan standar praktik dan proses untuk mengoptimalkan layanan TI serta memberikan kepercayaan yang profesional. Beberapa standar yang diakui secara internasional bisa diajukan untuk menggambarkan proses infrastruktur pengelolaan teknologi keamanan perusahaan.

  • Menggunakan bantuan pihak lain
    Mengamankan aset informasi menjadi lebih penting setiap hari. Tetapi banyak perusahaan yang tidak menganggap hal itu penting jika belum ada kejadian terhadap gangguan keamanan perusahaan. Dalam hal mengamankan aset informasi, perusahaan dapat menggunakan bantuan vendor, salah satunya Kama Konsultan.

 

Baca juga: Pentingnya Sertifikasi ISO 27001 Meningkatkan Keamanan Informasi Perusahaan

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi