Langkah-langkah Implementasi ISO 17025:2017

Langkah-langkah Implementasi ISO 17025:2017

ISO 17025:2017 merupakan suatu persyaratan yang ditetapkan untuk menjaga konsistensi laboratorium untuk menghasilkan data yang diperlukan palanggan. Maka dari itu langkah-langkah implementasis ISO 17025:2017 perlu diketahui.

ISO 17025:2017 menjadi bagian terpenting yang harus dimiliki semua laboratorium pengujian dan kalibrasi. Akreditasi ini penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan akan kualitas dari layanan yang diberikan oleh laboratorium.

Langkah-Langkah Implementasi ISO 17025:2017

  • Mendapatkan Dukungan dari Manajemen

Ketika datang ke implementasi dalam bentuk apapun, baik teknologi baru atau manajemen mutu, beberapa dari mereka memiliki  kisah sukses tanpa dukungan penuh dari pemegang kepentingan dan manajemen.

  • Tentukan Konteks Organisasi

Kamu perlu meluangkan waktu untuk mengidentifikasi apa yang akan berlaku untuk akreditasi ISO 17025:2017.

  • Menentukan Ruang Lingkup Manajemen, Komitmen dan  Tanggung Jawab

Ekspresikan tingkat komitmen manajerial yang diperlukan dan tunjuk orang yang bertanggung jawab untuk tidak lanjut. Mengidentifikasi dan mendokumentasikan komitmen yang akan datang dari manajemen. Mendefinisikan dengan jelas dan mendokumentasikan peran dan tanggung jawab terkait di semua organisasi.

  • Tentukan Proses dan Prosedur

Brainstorming dan dokumentasikan daftar kegiatan dan metode yang dilakukan di laboratorium. Kamu bisa mengembangkan instruksi untuk bagaimana hal-hal harus dilakukan. Menunjuk dan menetapkan tanggung jawab untuk pembentukan setiap prosedur.

  • Menerapkan Proses, Prosedur, dan Kontrol

Setelah proses didefinisikan dan prosedur dikembangkan, implementasi sudah bisa dimulai. Kamu bisa membuat garis besar rencana implementasi dan kaitkan garis waktu. Identifikasi dan bagikan harapan baru untuk personel.

Baca juga: Apa itu ISO 17025:2017, standar pengujian dan kalibrasi laboratorium

  • Melakukan Program Pelatihan dan Penyadaran

Semua karyawan harus dididik mengenai ISO 17025:2017, tetapi mereka juga harus dididik tentang apa yang diharapkan dari mereka.Program kesadaran bisa datang dalam komite atau kelompok kecil yang akan membantu menyebarkan harapan yang akan datang.

  • Terlibat dengan Badan Akreditasi

Lembaga akreditasi memberikan dukungan penting dan sarana bagi laboratorium kamu untuk mencapai akreditasi melalui proses penilaian.

  • Operasikan LMS

Sistem manajemen laboratorium sebagaimana didefinisikan oleh sasaran dan prosedur mutu adalah inti dari semua operasi di sekitar kegiatan sehari-hari.

  • Melakukan Audit Internal

Audit internal harus digunakan untuk mengevaluasi sistem manajemen mutu terhadap persyaratan standar dan terhadap prosedur operasi standar yang sudah dihasilkan. Staff harus menyadari maksud dari praktik audit internal dan frekuensi yang sudah ditetapkan.

  • Tinjauan Manajemen

Frekuensi ini ditentukan oleh organisasi kamu. Isi dalam bentuk tinjauan manajemen harus secara efektif mengatasi sumber daya, risiko dan peluang. Ketidaksesuaian dan semua aspek fungsi sistem manajemen.

Jangan ragu untuk bertanya dengan kami

Kama Konsultan akan memberikan konsultasi dan pendampingan sesuai dengan ruang lingkup, serta standar apa yang akan Anda capai.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi