Memahami Konsep Berkelanjutan ISO 37001

Konsep Berkelanjutan ISO 37001

Memahami Konsep Berkelanjutan ISO 37001

Keberlangsungan bisnis adalah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, Sebab jika keberlangsungan bisnis mengalami hambatan hal ini nantinya akan memberikan kerugian bagi perusahaan. Tata kelola perusahaan yang baik didukung dengan manajemen risiko yang tepat. Sehingga tanggung jawab perusahaan dalam menjaga sistem manajemen merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan dalam menjaga keberlangsungan operasional bisnis. 

Bisnis berkelanjutan adalah bisnis yang memberi manfaat jangka pendek dan jangka panjang dengan sifatnya yang berkesinambungan atau dilaksanakan terus-menerus. Dalam hal ini bisnis berkelanjutan harus dilaksanakan secara konsisten dan menerapkan nilai sosial, ekonomi, hukum, perilaku dan lingkungan di dalam strategi bisnisnya. Seperti halnya menjaga keberlangsungan bisnis, perusahaan yang ingin dan akan menerapkan standar ISO harus memastikan bisnisnya berjalan konsisten dan terus melakukan peningkatan berkelanjutan secara efektif dan dalam jangka panjang. 

Standar ISO 37001 merupakan salah satu standar internasional yang dikeluarkan oleh international organization of standardization (ISO) pada tahun 2016 lalu yang lebih berfokus pada sistem manajemen anti penyuapan. Standar ini bertujuan untuk membantu perusahaan menciptakan lingkungan bisnis yang terbebas dari segala bentuk penyuapan. Memahami konsep berkelanjutan pada ISO 37001 mampu menjamin bahwa perusahaan dapat meminimalisir dari risiko penyuapan dan korupsi yang mungkin terjadi dalam bisnis.

Baca juga: Peran ISO 37001 SMAP sebagai solusi kepercayaan pelanggan

Pengertian Konsep Berkelanjutan dalam Standar ISO

Konsep berkelanjutan merupakan sebuah konsep inti dari seluruh kegiatan yang dilakukan, konsep ini bertujuan untuk mempertahankan operasional bisnis dan juga meningkatkan produktivitas untuk jangka waktu yang lama. Namun, dalam pengertian international organization of standardization (ISO) konsep berkelanjutan mengacu pada keberlanjutan sebagai kemampuan untuk mempertahankan atau mengembangkan kinerja dalam jangka panjang.  Dilihat dari sudut pandang yang berbeda, keberlanjutan berkaitan dengan mempertahankan bisnis secara finansial, sosial, dan lingkungan. Dengan kata lain konsep berkelanjutan ini sangat penting untuk bisa diterapkan, karena konsep ini akan memberikan strategi jangka panjang bagi perusahaan dalam menjalankan operasional bisnis.

Baca juga: Mengukur keberhasilan implementasi IS0 37001:2016 melalui KPI yang tepat

Konsep Berkelanjutan ISO 37001

ISO 37001 memberikan komitmen pada manajemen puncak untuk mematuhi setiap standar yang terdapat pada sistem manajemen anti penyuapan. Fokus utama komitmen disini adalah untuk memastikan keefektifan sistem manajemen anti penyuapan dan terus meningkatkan sistem manajemen tersebut dengan melakukan audit internal, evaluasi analisis data, serta rapat tinjauan manajemen. Konsep berkelanjutan pada standar ISO 37001 ini membuat organisasi mempunyai strategi jangka panjang dalam mempertahankan lingkungan yang terbebas dari risiko penyuapan dan korupsi.

Baca juga: Manfaat implementasi ISO 37001:2016 dalam organisasi

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi