Pengembangan Keterampilan Guru dan Peran ISO 21001

peran iso 21001

Pengembangan Keterampilan Guru dan Peran ISO 21001

Seorang guru yang belum terampil akan memberikan pengaruh buruk pada proses belajar mengajar di kelasnya. Pengalaman belajar yang tidak maksimal akan berdampak pada kualitas pembelajaran yang tidak mencapai tujuan. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan untuk guru sangat diperlukan agar dapat membimbing siswa mencapai hasil yang baik dan membangun karakter positif pada siswa.

Untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik, seorang guru perlu menguasai berbagai keterampilan seperti keterampilan penguasaan materi, keterampilan komunikasi, keterampilan manajemen kelas dan juga keterampilan teknologi informasi. Menguasai keterampilan tersebut dapat membantu seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan potensi mereka.

Dalam era digital yang semakin maju ini, pengembangan keterampilan guru juga perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Standar internasional ISO 21001 dapat membantu guru untuk mengembangkan keterampilannya agar dapat mengikuti perkembangan teknologi dan memperoleh hasil pembelajaran yang lebih baik. 

Baca juga: MASALAH LITERASI DI INDONESIA: PERAN AKREDITASI DAN ISO 21001 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI

Peran ISO 21001 dalam Pengembangan keterampilan guru

ISO 21001 memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan guru. Standar internasional ini bertujuan untuk membantu lembaga pendidikan mengembangkan sistem manajemen pembelajaran yang efektif dan efisien. ISO 21001 dapat membantu lembaga pendidikan dalam mengembangkan keterampilan mengajar dan manajemen kelas yang baik bagi guru dan siswa.

Peran ISO 21001 diantaranya:

1. Pelatihan dan Pengembangan

Dalam hal pengembangan keterampilan guru, ISO 21001 menekankan pentingnya pelatihan dan pengembangan keterampilan yang harus dilakukan secara terus-menerus. ISO 21001 memberikan kriteria untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, termasuk pengembangan keterampilan guru dan pelatihan yang berkualitas, untuk siswa agar mendapatkan hasil yang optimal.

2. Pengembangan metode pengajaran lebih baik

ISO 21001 juga mendorong lembaga pendidikan memiliki metode pengajaran yang lebih baik melalui pedoman untuk mengembangkan standar pelayanan pendidikan agar seluruh guru dapat sama-sama terampil dalam mengajar dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penerapan ISO 21001 dalam lingkungan pendidikan juga dapat membantu guru dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi yang telah dikembangkan dalam era digital ini.

3. Meningkatkan kinerja dan kualitas berkelanjutan

ISO 21001 dapat membantu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pembelajaran bagi siswa dengan cara membantu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan guru secara berkelanjutan melalui pelatihan, manajemen kelas yang baik, dan implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

4. Fokus kepuasan para pemangku kepentingan

ISO 21001 mendorong lembaga pendidikan untuk memperhatikan kebutuhan dan harapan para pemangku kepentingan (siswa, orang tua siswa, guru, staff dan pemerintah) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjamin kepuasan mereka.

ISO 21001 juga menekankan pentingnya membangun hubungan baik antara lembaga pendidikan dan para pemangku kepentingan, serta memperhatikan masukan dan umpan balik yang diberikan oleh mereka.

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi
;