Serangan Ransomware Pusat Data Nasional! Ini Peran Penting ISO 27001!

pusat data naional ransomware

Serangan Ransomware Pusat Data Nasional! Ini Peran Penting ISO 27001!

Pusat Data Nasional mengalami gangguan sejak 20 Juni 2024 lalu sehingga menyebabkan beberapa layanan publik, termasuk layanan imigrasi. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia menyebutkan insiden ini terjadi karena serangan ransomware pada Pusat Data Nasional. Insiden PDS ini adalah serangan cyber dalam bentuk ransomware dengan nama Brain Cipher Ransomware dan merupakan pengembangan terbaru dari Ransomware lockbit 3.0.

Serangan ransomware adalah jenis serangan siber di mana peretas menggunakan perangkat lunak jahat (malware) untuk mengunci atau mengenkripsi data pada sistem komputer korban. Setelah data terkunci, peretas menuntut tebusan dari korban untuk mendapatkan kunci dekripsi yang dapat mengembalikan akses ke data tersebut. Dari kejadian ransomware ini, BSSN menemukan penonaktifan fitur keamanan Windows Defender yang terjadi sejak 17 Juni 2024, sehingga memungkinkan aktivitas malicious bisa berjalan. Virus ransomware bertujuan untuk menyerang enskripsi data yang terdapat pada perangkat. 

Kepala BSSN, Hinsa Siburian mengatakan bahwa Kominfo, Cyber Crime Polri, dan KSO Telkom Sigma Lintasarta masih terus berproses mengupayakan investigasi secara menyeluruh pada bukti forensik yang didapat dengan keterbatasan evidence atau bukti digital dikarenakan kondisi evidence yang terenkripsi akibat serangan ransomware tersebut. Belajar dari kejadian ransomware yang terjadi pada Pusat Data Nasional, disinilah peran ISO 27001 sangat penting!

Peran ISO 27001 dalam Menjaga Keamanan Informasi 

Dalam era digital yang terus berkembang, kemanan informasi menjadi prioritas utama untuk organisasi. Ancaman serangan siber dan pelanggaran keamanan akan semakin meningkat dan mengharuskan organisasi untuk menerapkan langkah efektif untuk melindungi aset informasi mereka. Salah satunya dengan penerapan ISO 27001 di Perusahaan. 

Sebagai standar internasional untuk keamanan informasi, ISO 27001 berperan penting dalam menjaga keamanan informasi dari berbagai risiko yang mengancam, seperti serangan siber. Dengan kerangka kerja yang terstruktur dan kontrol keamanan yang tepat standar ini berperan besar dalam melindungi informasi, termasuk dari serangan ransomware. 

Pentingnya Konsultasi ISO 27001 bersama Kama Konsultan 

Dengan ancaman keamanan informasi yang beragam dan terus berkembang, penerapan ISO 27001 menjadi salah satu langkah tepat yang diperlukan Perusahaaan. Dalam pelaksanaan Implementasi ISO 27001 perusahaan akan menghadapi tantangan dari berbagai aspeknya, seperti dalam penyusunan kebijakan, dokumentasi, memberikan pemahaman terkait ISO 27001 pada seluruh pihak yang terlibat, identifikasi risiko sampai dengan penyusunan SoA (Statement of Applicability). 

Jika dirasa sulit, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa Konsultan ISO 27001 yang berpengalaman di bidangnya. Meskipun perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, bantuan konsultan akan memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan pada Perusahaan, seperti: 

  1. Mendapatkan bantuan profesional untuk menerapkan keamanan informasi sesuai standar ISO 27001 di seluruh lingkungan organisasi. Konsultan ISO 27001 merupakan ahli dalam bidang keamanan informasi dan memiliki pengetahuan mendalam tentang standar dan praktik terbaik yang diperlukan untuk mencapai sertifikasi.

  2. Bantuan dalam menyusun semua dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan penerapan.
     
  3. Menghemat biaya dalam jangka panjang, karena konsultan dapat membantu menghindari kesalahan fatal dan memastikan efisiensi dalam implementasi.

  4. Mempercepat proses implementasi ISO 27001, sehingga perusahaan dapat mencapai sertifikasi lebih cepat dibandingkan jika dilakukan secara internal.

  5. Melakukan penilaian risiko yang komprehensif dan akurat, serta memastikan bahwa semua potensi ancaman keamanan informasi teridentifikasi dan dikelola dengan baik.

  6. Membantu menyesuaikan dan mengimplementasikan ISO 27001 sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan, serta memastikan solusi yang diterapkan sesuai dengan konteks dan tujuan bisnis.

  7. Memberikan pelatihan kepada karyawan tentang pentingnya keamanan informasi dan praktik terbaik, dengan meningkatkan kesadaran dan keterlibatan seluruh tim dalam menjaga keamanan data.

  8. Membantu pelaksanaan audit internal yang efektif untuk memastikan kesesuaian SMKI dengan persyaratan ISO 27001 sebelum audit eksternal.

  9. Dengan mencapai sertifikasi ISO 27001 melalui bantuan konsultan, perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan menunjukkan komitmen terhadap keamanan informasi.

Dapatkan semua keuntungan tersebut dengan menjadikan Kama Konsultan sebagai mitra Perusahaan dalam implementasi dan sertifikasi ISO 27001. Konsultasikan semua kebutuhan bisnis Anda dengan biaya terjangkau. Hubungi kami sekarang dan pastikan keamanan informasi Anda berada di tangan yang tepat!

Baca juga: Pertingnya Sertifikasi ISO 27001 Meningkatkan Keamanan Informasi Perusahaan

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi