Pentingnya Komitmen Manajemen Puncak dalam Implementasi Sistem Manajemen Berbasis ISO

komitmen manajemen puncak dalam implementasi sistem manajemen

Pentingnya Komitmen Manajemen Puncak dalam Implementasi Sistem Manajemen Berbasis ISO

Standar ISO diciptakan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan proses bisnisnya melalui sistem manajemen yang diterapkan. Namun, sebelum melakukan implementasi ISO di perusahaan harus memiliki strategi yang tepat dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. Hal ini karena keberhasilan implementasi sistem manajemen ISO dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah peran manajemen puncak dalam memberikan komitmen dan dukungan kepada perusahaan. Ketika manajemen puncak tidak memberikan arahan dan komitmen yang jelas, hal ini dapat mengakibatkan sistem yang sedang diimplementasikan tidak optimal.

Baca juga : 5 Tantangan yang Harus Diatasi untuk Meraih Sertifikasi ISO

Pentingnya Manajemen Puncak

Manajemen puncak didefinisikan sebagai orang atau sekelompok orang yang mengarahkan dan mengendalikan organisasi pada tingkat tertinggi. Dalam standar sistem manajemen ISO, tanggung jawab manajemen puncak mencakup persyaratan berikut:

      • Menetapkan dan mengkomunikasikan kebijakan dan tujuan di seluruh perusahaan, meningkatkan kesadaran, motivasi dan keterlibatan setiap pihak.
      • Memastikan fokus pada persyaratan pelanggan di seluruh perusahaan.
      • Memastikan bahwa proses yang tepat diterapkan untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan tujuan perusahaan.
      • Memastikan bahwa sistem manajemen efektif dan efisien untuk ditetapkan, diterapkan dan dipelihara untuk mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan.
      • Memastikan bahwa sumber daya yang memadai disediakan untuk memenuhi tujuan perusahaan.
      • Secara teratur meninjau keefektifan sistem manajemen, kebijakan dan tujuannya.
      • Memutuskan tindakan yang berkaitan dengan kebijakan sistem manajemen.
      • Memutuskan tindakan untuk peningkatan sistem manajemen.

 

Selain itu, manajemen puncak juga harus bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap peningkatan sistem manajemen yang berkelanjutan. Manajemen harus menunjukkan kepemimpinan yang berfokus pada kepuasan pelanggan, dengan menyediakan informasi dan sumber daya yang diperlukan untuk keberhasilan integrasi sistem manajemen ke dalam proses bisnis. 

Manajemen harus secara aktif berpartisipasi dalam menentukan kebijakan dan prosedur untuk memenuhi persyaratan ISO sesuai lingkup yang akan diterapkannya. Untuk itu, manajemen puncak dapat menetapkan tujuan yang terukur untuk setiap proses implementasi ISO. Maka dari itu, aktivitas manajemen proses dapat berjalan baik jika ada komitmen dari manajemen puncak untuk memastikan setiap arahan dan pengambilan keputusan yang ditetapkan sejalan dengan kebijakan dan sasaran perusahaan.

Baca juga : Perbedaan audit internal dan eksternal dalam ISO

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi