Pentingnya Manajemen Risiko dalam Bisnis

manajemen risiko bisnis

Pentingnya Manajemen Risiko dalam Bisnis

Setiap orang tentunya bisa berbisnis, tetapi belum tentu semua orang siap jika mengalami kerugian yang dialami dalam berbisnis. Hal inilah yang sangat penting diketahui oleh setiap pebisnis untuk memahami risk management atau manajemen risiko dalam bisnis. Risiko adalah kemungkinan terjadinya kerugian dalam suatu kegiatan atau keputusan. Peran dan tujuan manajemen risiko juga terdapat pada ISO 27005:2022

Sedangkan manajemen risiko bisnis adalah cara untuk mengenali, mengevaluasi dan mengatasi potensi ancaman terhadap pendapat, aset, dan kegiatan operasional. Ancaman tersebut bisa timbul dari mana saja seperti ketidakpastian finansial, kewajiban hukum, kendala teknologi, kegagalan dalam perencanaan strategi, hingga kejadian tidak terduga seperti kecelakaan atau bencana alam. 

Pentingnya Manajemen Risiko dalam Bisnis

Ada beberapa manfaat jika anda menerapkan manajemen risiko dalam bisnis, seperti:

      1. Peningkatan Kesadaran Risiko di Semua Organisasi
        Jika menerapkan manajemen risiko dalam bisnis, semua staff di semua level akan lebih aware terhadap berbagai risiko yang akan dihadapi oleh perusahaan. Hal ini sangat berguna untuk memungkinkan pencegahan tindakan yang lebih baik.

      2. Kesadaran yang Lebih Besar dari Stakeholder
        Perusahaan yang memiliki manajemen risiko yang baik akan lebih dipercaya oleh klien, investor, dan pemangku kepentingan lainnya. Mereka akan menunjukkan komitmen untuk manajemen risiko.

      3. Peningkatan Pengambilan Keputusan
        Manajemen risiko menyediakan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, sehingga perusahaan bisa merencanakan strategi yang lebih efektif.
      4. Diferensiasi Kompetitif di Pasar
        Perusahaan dengan manajemen risiko yang kuat akan menghasilkan keunggulan kompetitif di pasar. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membedakan diri dari pesaing lain.
      5. Peningkatan Efisiensi Operasional
        Melalui penerapan proses dan kontrol risiko yang lebih konsisten, perusahaan mungkin bisa meningkatkan efisiensi operasional mereka, sehingga dapat mengurangi potensi kerugian atau gangguan dalam proses bisnis.
      6. Lebih patuh terhadap perundang-undangan dan aturan internal
        Untuk mengurangi pelanggaran dan sanksi, manajemen risiko bisnis akan membuat pemangku kepentingan patuh terhadap undang-undang.

Prinsip Manajemen Risiko Bisnis

Prinsip manajemen risiko merupakan aturan yang digunakan untuk mengelola risiko secara bisnis dan efisien. Berikut ini beberapa prinsip manajemen risiko bisnis:

      1. Proaktif dan Preventif
        Manajemen risiko bisnis harus dilakukan secara proaktif untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya risiko yang merugikan.
      2. Berorientasi pada Tujuan Bisnis
        Manajemen risiko harus selaras dengan tujuan bisnis dan membantu mencapai pencapaian tujuan tersebut.
      3. Peninjauan Berkelanjutan
        Manajemen risiko yang baik adalah memantau keefektifan dari waktu ke waktu. Hal ini lah mengapa manajemen risiko harus dievaluasi secara berkala agar tetap adaptif dan relevan.
      4. Memiliki Bukti
        Keputusan manajemen risiko harus didasarkan pada bukti yang ada, termasuk informasi pasar, analisis data dan pengalaman sebelumnya.
      5. Respon terhadap Perubahan
        Sebuah perusahaan harus menyesuaikan strategi manajemen risiko dengan cepat untuk mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis.
      6. Komunikasi dan Transparansi
        Untuk menghindari misunderstanding, informasi mengenai risiko dan strategi manajemen risiko harus dikomunikasikan secara terbuka kepada semua pihak yang terlibat.
      7. Alokasi Sumber Daya
        Untuk menyiapkan manajemen risiko yang baik, anda harus menyiapkan modal yang cukup untuk alokasi sumber daya yang memadai seperti waktu, uang dan personil.
      8. Proses Sistematis
        Untuk menyelesaikan proses secara terstruktur, termasuk identifikasi, penilaian, dan mitigasi maka harus melalui proses sistematis.

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi