Pentingnya Gap Analysis ISO 27001

pentingnya gap analysis iso 27001

Pentingnya Gap Analysis ISO 27001

Penggunaan teknologi yang semakin masif memberikan kemudahan untuk organisasi dalam menjalankan operasional bisnis. Saat ini hampir semua sektor organisasi di dunia telah beralih dari media konvensional menjadi media teknologi digital. Namun, dibalik kemudahan yang diberikan ternyata penggunaan teknologi juga mempunyai sisi yang membahayakan jika organisasi tidak mempunyai strategi mitigasi yang tepat untuk melindungi sistem manajemen yang ada.

Penggunaan teknologi sendiri sangat rentan akan ancaman serangan siber oleh para peretas. Tujuannya adalah untuk mencuri informasi yang kemudian disalahgunakan agar mendapatkan keuntungan pribadi namun berdampak merugikan organisasi. Maka dari itu, untuk memberikan perlindungan pada organisasi dan terhindar dari serangan siber ISO 27001 hadir dengan kerangka kerja untuk meningkatkan sistem keamanan manajemen informasi Perusahaan. Dalam hal ini, gap analysis memiliki peran penting dalam penerapan ISO 27001 di Perusahaan, khususnya dalam identifikasi dan penyusunan strategi untuk mengatasi risiko.

Baca juga: Mengapa ISO 27001 penting bagi keamanan data perusahaan Anda

Apa itu gap analysis? 

Gap analisis adalah metode pengukuran untuk mengetahui kesenjangan (gap) antara keadaan aktual atau kinerja organisasi pada waktu tertentu dengan potensi kinerja yang diharapkan. Gap analysis ISO 27001 memberikan gambaran umum tingkat tinggi tentang apa yang perlu dilakukan untuk mencapai sertifikasi dan memungkinkan organisasi untuk mengevaluasi dan membandingkan pengaturan keamanan informasi organisasi Anda saat ini dengan persyaratan ISO 27001.

Analisis kesenjangan pada ISO 27001 yang dilakukan secara menyeluruh dapat memberikan wawasan kepada organisasi tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai sertifikasi. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengevaluasi praktik keamanan organisasi Anda terhadap standar yang ditetapkan oleh ISO 27001.

Baca juga: Menentukan ruang lingkup ISO 27001 dan batasannya

Tujuan dan Manfaat Gap Analysis

Pada dasarnya gap analysis bertujuan untuk mengetahui hal apa saja yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang teridentifikasi. Gap analysis juga memberikan banyak manfaat pada bisnis khususnya dalam mengetahui masalah yang terjadi pada bisnis dengan mengidentifikasi penggunaan sumber daya dan melihat apakah hasilnya sudah sesuai dengan harapan yang diperkirakan pada awal perencanaan. 

Manfaat gap analysis ISO 27001 adalah memungkinkan organisasi untuk melihat seberapa dekat mereka dapat memenuhi standar saat ini dan berapa banyak pekerjaan yang perlu organisasi lakukan untuk menutup kesenjangan yang ada pada sistem manajemen. Kemudian, organisasi dapat merencanakan penerapan kontrol dan merencanakan serta menjadwalkan audit sertifikasi. Perlu diingat bahwa tidak ada gunanya melakukan audit sertifikasi ISO 27001 jika organisasi belum menerapkan kontrol yang diperlukan.

Baca juga: 3 elemen utama ISO 27001

Pentingnya Gap Analysis ISO 27001

Berikut sejumlah alasan mengapa gap analysis itu penting.

      1. Membantu organisasi dalam mengevaluasi praktik sistem manajemen keamanan informasi yang ada saat ini dengan persyaratan yang baru.
      2. Untuk mengidentifikasi perbedaan antara praktik keamanan informasi organisasi saat ini dengan persyaratan versi baru. 
      3. Berdasarkan hasil gap analysis, organisasi dapat membuat rencana perbaikan untuk menghilangkan kekurangan dan beradaptasi dengan versi baru. Hal ini dapat mencakup langkah-langkah seperti alokasi sumber daya, proses pembaruan, dan pelatihan.
      4. ISO 27001 menekankan pada pengelolaan risiko keamanan informasi. Versi terbaru telah disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan organisasi dalam mengatasi ancaman dan risiko saat ini. Dalam hal ini Gap analysis dapat membantu organisasi mengevaluasi cara menanggapi risiko.
      5. Untuk organisasi yang tersertifikasi ISO 27001, beradaptasi dengan versi baru merupakan persyaratan penting untuk mempertahankan sertifikasi mereka saat ini. 
      6. Membantu mendokumentasikan kepatuhan organisasi selama audit oleh auditor sertifikasi, sehingga menghindari kerugian biaya dan waktu yang tidak perlu.
      7. Gap analysis dapat menarik perhatian pada persyaratan dan standar keamanan informasi dalam organisasi, membantu karyawan dan manajer untuk menyadari dan lebih memperhatikan masalah yang terjadi.

Baca juga: Proses analisis risiko keamanan informasi dan manfaatnya

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi