Pentingnya Integrasi dalam Penerapan ISO 27001

Pentingnya Integrasi dalam Penerapan ISO 27001

Integrasi Sistem dalam Penerapan ISO 27001

Standar ISO adalah standar yang dirancang oleh organisasi ISO dan telah diakui internasional untuk berbagai negara. Sedangkan ISO 27001 adalah standar yang dirancang khusus untuk mengelola manajemen keamanan informasi dengan skala internasional. Penerapan ISO 27001 sangat penting karena informasi adalah aset utama pergerakan bisnis. Pengelolaan keamanan informasi harus menjadi prioritas perusahaan untuk memastikan kelangsungan dan perkembangan bisnis perusahaan berjalan dengan baik. Langkah ini harus dilakukan sebagai antisipasi terhadap ancaman keamanan informasi yang diakibatkan oleh kesalahan internal atau eksternal perusahaan.

Sistem manajemen memuat serangkaian proses dan prosedur yang telah disusun berdasarkan kerangka kerja yang dipersyaratkan. Kombinasi sistem akan membentuk struktur yang dibutuhkan untuk mencapai praktik terbaik dalam menjalankan bisnis, yaitu untuk kepentingan kualitas, dampak lingkungan, keamanan informasi, kesehatan, keselamatan kerja, dan lainnya. Dengan menggabungkan beberapa standar menjadi satu sistem yang umum, perusahaan dapat menyederhanakan proses, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan kemudahan dalam pengelolannya. Artinya, perusahaan dapat mencapai hasil yang lebih besar melalui proses yang lebih sederhana. Sehingga perusahaan dapat memfokuskan dirinya pada kebutuhan bisnis penting lainnya.

Baca juga: BERAPA BIAYA UNTUK MENDAPATKAN SERTIFIKAT ISO 37001?

 

Pentingnya integrasi ISO 27001

Penerapan ISO 27001 dengan mengintegrasikannya dengan sistem manajemen lainnya dilakukan untuk mendorong perbaikan berkelanjutan secara menyeluruh. Hal ini dapat membantu dalam membangun kepercayaan pelanggan terhadap tingkat kualitas, komitmen, keamanan dan kelangsungan bisnis yang dimiliki perusahaan. Sistem manajemen sangat kompatibel dan dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan produk dan layanan berkualitas tinggi serta meyakinkan klien bahwa perusahaan memprioritaskan keamanan informasi. ISO memiliki struktur Annex SL dimana klausa disajikan dalam urutan dan format yang sama untuk membentuk kerangka kerja yang serupa. Hal ini berarti perusahaan dapat menyelaraskan prosesnya untuk menciptakan efektifitas dan efisiensi yang tinggi.

Standar ISO yang dapat diintegrasikan

Terdapat beberapa standar ISO yang dapat diintegrasikan dengan Keamanan Sistem Informasi ISO 27001, yaitu:

      1. ISO 9001 adalah standar untuk sistem manajemen mutu. Integrasi dengan ISO 27001 akan membantu organisasi memastikan bahwa sistem manajemen keamanan informasi mereka terintegrasi dengan baik dengan sistem manajemen mutu.
      2. ISO 20000 adalah standar untuk sistem manajemen layanan TI. Integrasi dengan ISO 27001 akan membantu organisasi memastikan bahwa keamanan informasi terintegrasi dengan baik dengan layanan TI yang diberikan.
      3. ISO 22301 adalah standar internasional untuk manajemen keberlangsungan bisnis (Continuity Business). Integrasi dengan ISO 27001 akan membantu organisasi memastikan bahwa keamanan informasi terintegrasi dengan baik dengan upaya kontinuitas bisnis mereka.
      4. ISO 31000 adalah standar untuk sistem manajemen risiko. Integrasi dengan ISO 27001 akan membantu organisasi memastikan bahwa manajemen risiko terintegrasi dengan baik dengan manajemen keamanan informasi.

Dalam pemilihan standar ISO yang akan diintegrasikan dengan ISO 27001, organisasi harus mempertimbangkan tujuan bisnis dan kebutuhannya untuk memenuhi persyaratan lain dari standar tersebut.

Kama Konsultan akan mendampingi perusahaan dalam pelaksanaan proses implementasi sistem ISO 27001 beserta integrasi sistem yang dibutuhkan perusahaan, mulai dari gap analisis sampai dengan memperoleh sertifikat ISO 27001. Peran konsultan sangatlah penting untuk memudahkan perusahaan dalam mengimplementasikan dan memperoleh sertifikat yang diakui secara formal. Kama Konsultan berperan dalam memberikan saran yang membantu perusahaan menentukan strategi dalam melindungi dan mengelola informasi perusahaan berdasarkan pendekatan yang sistematis berbasis risiko bisnis.

Baca juga: BCMS SISTEM MANAJEMEN KELANGSUNGAN USAHA ISO 22301:2019

Jangan ragu untuk bertanya dengan kami

Kama Konsultan akan memberikan konsultasi dan pendampingan sesuai dengan ruang lingkup, serta standar apa yang akan Anda capai.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi
;