Pahami pentingnya SMAP berbasis ISO 37001

Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)

Pahami pentingnya SMAP berbasis ISO 37001

ISO 37001 merupakan standar yang berperan penting untuk meminimalisir terjadinya korupsi dalam lingkup bisnis perusahaan. Dengan menerapkan standar ini perusahaan dapat mencegah dan menangani risiko penyuapan yang mungkin terjadi. Korupsi atau penyuapan dapat memberikan dampak buruk jika perusahaan tidak mengambil langkah tepat. Mulai dari merusak reputasi hingga mengurangi kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Bagaimana proses sertifikasi ISO 37001

Apa itu ISO 37001?

ISO 37001 merupakan standar internasional untuk sistem manajemen anti penyuapan (SMAP) yang diterbitkan pada 2016. Standar ini dirancang untuk membantu perusahaan menerapkan dan mempertahankan langkah-langkah spesifik yang membantu dalam mencegah, mendeteksi dan menangani penyuapan pada lingkup perusahaan dan aktivitas bisnis secara menyeluruh.

Standar ini menetapkan sejumlah persyaratan dan panduan perusahaan yang bertujuan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, meninjau, dan meningkatkan sistem manajemen anti penyuapan. ISO 37001 dapat diterapkan oleh berbagai organisasi di seluruh dunia dengan berbagai ukuran, aktivitas bisnis dan sektor industri. Standar ini dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen lainnya, seperti ISO 9001, ISO 22301, ISO 27001, ISO 14001, dll.

Baca juga: Biaya sertifikasi ISO 37001

Pentingnya ISO 37001

Penyuapan dapat terjadi kapan dan dimana saja baik di lingkup instansi, perusahaan, organisasi, bahkan asosiasi perdagangan. Bentuk penyuapan yang sering terjadi adalah kasus penyuapan yang dilakukan antara atasan dan bawahan dengan tujuan mendapatkan keuntungan seperti kenaikan jabatan dan sebagainya. Jika hal ini sampai terjadi maka perusahaan akan kehilangan kepercayaan baik dari sisi karyawan maupun pelanggan. Tidak hanya itu, perusahaan juga akan terancam mendapatkan sanksi hukum.

Berdasarkan MediaIndonesia.com, data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2014-2019 sebanyak 65% atau 602 kasus perkara korupsi di Indonesia didominasi oleh kasus penyuapan. Dalam hal ini, ISO 37001 hadir sebagai alat yang berguna untuk membantu organisasi atau perusahaan dalam menekan jumlah kasus penyuapan dalam lingkup bisnis. Penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan berbasis ISO 37001 dinilai efektif digunakan karena menyediakan kerangka kerja yang dapat diterapkan oleh organisasi secara menyeluruh dengan pendekatan berbasis proses dan risiko. 

ISO 37001 memiliki persyaratan klausul yang dapat membantu dalam menekan kasus penyuapan di perusahaan. Salah satunya klausul 5.3 terkait peran, tanggung jawab, dan wewenang organisasi. Dalam klausul ini dijelaskan bahwa perusahaan harus: 

        1. Melaksanakan monitoring terhadap perencanaan dan penerapan sistem manajemen anti penyuapan di organisasi.
        2. Menyediakan panduan penerapan sistem manajemen anti penyuapan untuk para personil yang terlibat didalamnya.
        3. Memastikan sistem manajemen anti penyuapan diterapkan sesuai ketentuan standar ISO 37001.
        4. Melaporkan kinerja sistem manajemen anti penyuapan kepada manajemen puncak serta fungsi kepatuhan lainnya.
 

ISO 37001 penting diterapkan dalam lingkup bisnis perusahaan untuk menjaga stabilitas bisnis dan kredibilitas perusahaan dimata publik, khususnya para pelanggan. Dengan menerapkan ISO 37001, memungkinkan perusahaan meminimalkan setiap risiko penyuapan yang terjadi melalui sistem manajemen anti penyuapan yang efektif.

Baca juga: Sertifikasi ISO 37001 sebagai persyaratan mengikuti tender

Tantangan implementasi ISO 37001

Dalam implementasi ISO 37001 terdapat lima (5) tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan diantaranya: 

        1. Memastikan komitmen manajemen terhadap implementasi ISO 37001. 
        2. Menentukan peran kepemimpinan, komitmen serta tanggung jawabnya terhadap sistem manajemen anti penyuapan.
        3. Mengidentifikasi risiko korupsi yang relevan.
        4. Merencanakan penanganan risiko penyuapan dan menentukan sasaran yang efektif.
        5. Memastikan keberlanjutan kepatuhan perusahaan terhadap persyaratan standar ISO 37001 dan kebijakan yang berlaku.
 

Kama Konsultan siap membantu Anda membangun sistem yang efektif untuk mencegah risiko terjadinya suap di lingkungan perusahaan berdasarkan standar internasional ISO 37001.  Layanan kami mencakup konsultasi dan pendampingan sertifikasi yang didukung oleh tenaga profesional yang handal, terpercaya, dan berpengalaman di bidangnya.

Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Kami siap melayani kebutuhan perusahaan Anda

Untuk melaksanakan pendampingan sertifikasi dan konsultasi sesuai dengan ruang lingkup serta standar yang ingin Anda capai. 

Hubungi kami sekarang.

×

Selamat Datang

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi
;